Hari Lebah Sedunia 2020


Hari Lebah Sedunia (World Bee Day) diperingati setiap tanggal 20 Mei. Perayaan ini bertepatan dengan hari kelahiran tokoh penting perlebahan dunia, Anton Jansa, pionir apikultur modern. Jansa lahir di Slovenia tahun 1734, selama hidupnya mendedikasikan diri pada pengembangan budidaya lebah, hingga wafat pada 1773. Slovenia sendiri sampai sekarang menjadi negara dengan kepedulian yang tinggi terhadap perlebahan. Hari lebah  menjadi momentum bagi semua masyarakat dunia untuk mengingat dan meningkatkan kepedulian kepada peran penting lebah sebagai serangga polinator.

Jenis lebah sangat banyak, mencapai 20 ribuan. Sebagian hidup berkoloni, sebagian besar lainnya merupakan jenis-jenis yang hidup soliter. Semuanya membawa manfaat. Peran lebah dalam membantu penyerbukan menjadikan lebah sebagai kunci dalam kelangsungan hidup dunia. Menurut FAO, ada peran lebah pada sepertiga pangan dunia. Sebuah manfaat yang luar biasa besar. Lebah madu dipelihara untuk menghasilkan produk-produk bermanfaat bagi manusia antara lain madu, beepollen, royal jelly, dan propolis. Bahkan sengat lebah bisa digunakan sebagai terapi kesehatan.

Sayangnya, di sisi lain lebah menghadapi ancaman yang semakin serius. Laporan IUCN pada tahun 2015 menyatakan bahwa 10 % jenis lebah menghadapi ancaman kepunahan. Di Amerika penurunan populasi lebah madu berlangsung begitu cepat. Tiap musim dingin populasi lebah menyusut secara dramatis. Pada tahun 2017 misalnya, kehilangan koloni lebah madu mencapai 33%. Angka yang menyeramkan. Di Indonesia data tentang kondisi populasi lebah kita masih sangat minim.

Menyusutnya populasi lebah disebabkan oleh banyak faktor, antara lain:
- Hama dan penyakit: tungau varrhoa, penyakit nosema, infeksi virus.
- Insektisida yang tidak terkontrol, misalnya golongan neonicotinoid yang telah terbukti berbahaya bagi lebah
- Kehilangan habitat
- Perubahan iklim

Semoga kita bisa menjadikan momentum hari lebah dunia untuk lebih mencintai dan melestarikan lebah, bagi masa depan bumi. Di tengah ancaman pandemi Covid-19, World Bee Day 2020 makin menyadarkan kita akan potensi lebah sebagai alternatif ekonomi bagi masyarakat pedesaan dalam menghadapi situasi krisis yang tidak menentu. Dan, ada harapan kepada produk-produk lebah untuk menjaga imunitas penduduk dunia dalam perang besar melawan virus. Selamat Hari Lebah Sedunia!

Ref: worldbeeday.org


Previous
Next Post »