Heterotrigona itama


Heterotrigona itama merupakan jenis lebah tanpa sengat yang cukup mudah dikenali. Ukuran tubuhnya relatif besar, panjang tubuhnya lebih dari 5 mm. Tubuhnya berwarna hitam legam, dengan sayap transparan dan satu warna. 

Habitat utama lebah ini biasanya di kawasan hutan yang masih bagus. Di alam, lebah kelulut jenis ini umunya bersarang pada lubang pohon, meskipun pada beberapa kasus dijumpai bersarang di habitat lain. Pintu masuk sarangnya biasanya dilengkapi dengan corong sederhana yang relatif lembek. 

Di dalam sarang lebah membangun sarang dan meletakkan telur-telur dalam brood cells yang tersusun bertingkat-tingkat. Cadangan makanan berupa roti lebah (bee bread) dan madu biasanya berada di bagian paling atas, meskipun terkadang dijumpai pula di samping atau bahkan di bagian bawah. Kecenderungan penempatan pot-pot makanan ini bisa jadi dipengarui bentuk ruangan yang ada. 


Produktivitas madu yang dihasilkan jenis ini relatif besar, asal dipelihara di lingkungan dengan kondisi vegetasi yang menyediakan pakan dan sumber resin berlimpah. Oleh para pembudidaya, lebah yang umumnya dikenal dengan nama itama ini bisa dipelihara dalam berbagai media seperti stup sederhana, stup bertopping, ataupun dipertahankan dalam log kayu. Jenis ini direkomendasikan untuk dipelihara hanya di habitat asalnya.

Taksonomi
Kingdom: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Bangsa: Hymenoptera
Suku: Apidae
Tribus: Meliponini
Marga: Heterotrigona Schwarz, 1939
Jenis: Heterotrigona itama Cockerell 1918


Itama dalam kotak sederhana
Previous
Next Post »