Friday, December 14, 2018

Keunikan madu lebah tanpa sengat


Lebah tanpa sengat memiliki banyak nama lokal, seperti klanceng, kelulut, gala-gala, kammu, dll. Masyarakat di berbagai tempat di Indonesia telah mengenal bahwa lebah berukuran mini tersebut menghasilkan madu yang bisa dikonsumsi. Madu lebah tanpa sengat memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan madu lebah bersengat (Apis spp.). Perbedaan tersebut misalnya pada kadar air, karakter rasa asam yang khas, dan aktivitas antimikrobia di dalamnya.

Lebah tanpa sengat menyimpan madu dalam kantong-kantong yang terbuat dari getah tanaman/resin, biasa disebut pot madu. Sumber getah bervariasi, dan akan menentukan karakteristik dari madu, terutama dalam hal aroma. Lebah yang jamak dikenal sebagai trigona ini merupakan kelompok lebah generalis, artinya mereka mengambil nektar sebagai bahan madu dari berbagai jenis tanaman berbunga. Ukuran tubuhnya yang kecil dapat menjangkau berbagai ukuran bunga. Kemampuan mengeksplorasi beranekaragam tanaman bunga ini membuat trigona menghasilkan rasa yang kompleks dan unik.

 Pot-pot madu: Tetragonula laeviceps dan Tetrigona binghami
 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu klanceng juga memiliki kandungan antioksidan dan aktivitas antimikrobia yang relatif lebih tinggi dibandingkan madu yang dihasilkan jenis lebah lainnya. Karakter madu lebah tanpa sengat yang cenderung humid menyebabkan lebah mengembangkan kemampuan menghambat pertumbuhan mikroorganisme sebagai penyebab proses fermentasi.

Proses pemanenan madu trigona harus dilakukan secara hati-hati, tidak boleh tercampur dengan roti lebah (beebread). Roti lebah adalah sumber protein bagi lebah yang dihasilkan dari fermentaasi pollen (serbuk sari bunga). Bagi manusia, roti lebah sebenarnya termasuk superfood. Namun konsentrasi pollen pada madu trigona dapat memicu dan mempercepat fermentasi. Madu trigona yang telah dipanen dari sarangnya hendaknya diperlakukan secara khusus agar kualitasnya terjaga. Madu hendaknya dikemas dengan kemasan foodgrade dan higienis. Botol kaca adalah kemasan terbaik. Penyimpanan dalam jangka waktu lama sebaiknya dalam lemari pendingin.

No comments:

Post a Comment